Bahan Alami untuk Perawatan Kecantikan

>> Wednesday, November 26, 2008

Sejak zaman dahulu nenek moyang kita pintar meracik bahan-bahan alami untuk perawatan kecantikan. Tak jarang resep-resep kecantikan tersebut turun temurun diberikan kepada anak cucu. Selain lebih fresh, bahan-bahan tersebut tidak terlalu banyak efek sampingnya. Perawatan kecantikan ini pun tak harus dilakukan di salon karena bahan-bahannya bisa didapat di dapur. Anda bisa melakukan perawatan alami ini kapanpun Anda mau.

Yogurt
Si susu asam yang satu ini selain baik bagi penderita laktose intolerance karena lebih mudah dicerna, juga bermanfaat sebagai pembersih wajah untuk semua jenis kulit. Racikan yogurt sebagai pembersih kulit kering yaitu dengan mencampurkan 1/2 cangkir yogurt tawar dengan 1/2 sdt minyak zaitun dan 1 sdm air perasan jeruk nipis diaduk rata. Bersihkan wajah dengan pembersih yogurt dengan menoleskan dan memijatnya lembut pada wajah.
Yogurt mengandung protein, vitamin, dan kalsium yang berguna memberi nutrisi pada kulit. Kandungan asam laktat-nya dapat menyingkirkan sel sel kulit mati, sehingga menjadikan kulit halus. Siapkan 1 sdm yogurt tawar yang dihangatkan dengan meletakkannya tangan, kemudian dipijatkan pada wajah dengan lembut. Bersihkan dengan air hangat, lalu bilas dengan air dingin.

Ketimun
Ketimun dapat digunakan sebagai penyegar, pembersih sekaligus pelembab untuk kulit sensitif. Racikan ketimun sebagai penyegar yaitu dengan mencampurkan 2 sdm air perasan timun dengan satu sdm air mawar secara merata. Campuran tersebut dioleskan pada kulit wajah dengan menepuk-nepuk wajah hingga kering. Ketimun juga dapat dihancurkan tidak perlu sampai halus kemkudian dioleskan ke kulit wajah.

Lidah Buaya (Aloe Vera)
Selain dikenal sebagai bahan untuk perawatan rambut juga dapat dijadikan sebagai bahan penyegar untuk kulit berminyak. Kandungan ligninnya yang dapat meresap ke dalam kulit dan menahan cairan yang hilang dari permukaan kulit membuat kulit terjaga kelembabannya. Caranya dengan mencampur daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih dengan susu cair dicampur menjadi satu dan dilumatkan, kemudian digosokkan dengan lembut pada wajah.


Teh Hijau
Teh hijau selain dapat langsung diminum juga dapat digunakan sebagai penyegar untuk kulit kering. Kandungan antioksidan dan vitamin C-nya dapat menetralkan pengaruh buruk polusi terhadap kulit , menghentikan dan mengatasi penuaan dini. Cara pemakaian teh hijau sebagai penyegar yaitu dengan mendinginkan terlebih dahulu teh hijau yang telah diseduh ke dalam kulkas, baru kemudian digunakan sebagai peyegar seperti umumnya.

Jeruk Nipis
Buah yang satu ini punya banyak khasiat, sebagai pembersih kulit berminyak, untuk scrubbing, mengatasi rambut yang berketombe sampai pembersih kuku. Jeruk nipis sebagai pembersih berguna untuk mengikiskan sel-sel kulit mati penyebab jerawat, mengecilkan pori-pori, mengurangi kilap di kulit wajah berminyak dan membunuh bakteri. Jeruk nipis yang sudah dibelah dua digosokkan pada kulit wajah dengan lembut sambil dipijat lalu dibersihkan dengan air hangat, kemudian air dingin.
Jeruk nipis dapat mengilatkan kuku dan mengusir ketegangan pada jari-jari kuku, yaitu dengan memasukkan kuku jari tangan ke dalam serat-serat jeruk yang telah dibelah dua, kemudian jari-jari diputar-putar sambil ditekan hingga airnya keluar kira-kira selama 5 menit. Setelah itu cuci kuku jari tangan dan keringkan. Anda bisa memberikan pelembab agar kuku lebih sehat.
Rambut yang berketombe dan berminyak dapat dibersihkan dengan air jeruk nipis yang oleskan ke kulit rambut dan dipijat lembut. Biarkan rambut hingga kering kira-kira 20-30 menit kemudian dibilas dengan air atau keramas.

Alpukat
Selain enak untuk dibuat jus, alpukat juga baik untuk perawatan kecantikan. Alpukat kaya akan vitamin C, E, zat besi, kalium, mangan, dan asam folat menjadikannya baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Alpukat bermanfaat untuk mengencangkan kulit yang mengendur, pelembab bagi kulit kering dan memulihkan sel-sel yang sudah menua. Pemakaian alpukat sebagai bahan kecantikan yaitu dengan melumatkannya, kemudian dioleskan pada kulit sambil dipijat lembut. Alpukat sebagai lulur dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen sehingga kulit menjadi halus.

Stroberi
Si buah berwarna merah ini kaya akan kandungan asam salisilat yang membantu mengenyahkan sel-sel kulit mati dan membantu penyembuhan kulit. Kandungan vitamin C-nya dapat membunuh bakteri penyebab iritasi pada kulit, seperti jerawat. Aplikasi stroberi sebagai scrubbing yaitu dengan menghaluskan 5-6 buah stroberi, kemudian dipijatkan pada kulit yang sudah dibersihkan. Bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

Pisang
Buah yang relatif murah dan kaya vitamin dan mineral ini baik sebagai perawatan kulit. Pisang kaya kandungan potasium dan vitamin A untuk menghaluskan kulit dan sebagai antioksidan. Cara pemakaian sebagai masker yaitu dengan dilumatkan setengah buah pisang, lalu dioleskan pada wajah dan dibiarkan selama 15 menit baru dibilas dengan air dan ditepuk-tepuk kulit wajah sampai kering.

Tomat
Tomat dapat bermanfaat memerangi komedo dan mengurangi kandungan minyak berlebih pada kulit. Air perasan tomat dapat melembabkan, membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Campuran tomat dengan bengkuang dan air mawar yang sudah dihaluskan dapat menghaluskan dan melicinkan kulit wajah.

Pepaya
Kandungan enzim papain dan antioksidan vitamin C dalam pepaya bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini. Pepaya dapat mengangkat sel kulit mati dan mernagsang pertumbuhan sel baru. Setiap seminggu sekali lakukan perawatan dengan pepaya yang sudah dilumatkan sebanyak 2 sdm. Lumatan tersebut dioleskan pada kulit dan pijat dengan lembut, kemudian dibiarkan selama 20 menit. Baru dibilas dengan air hangat.

Madu
Madu adalah pembersih untuk kulit berminyak dan bermasalah karena kandungan antiseptik dan antibakterinya. Madu juga dapat melenyapkan flek-flek pada kulit wajah, caranya dengan menghangatkan madu agar menjadi encer lalu dioleskan pada wajah ketika masih hangat. Pijatkan dengan lembut dan tekan dengan jari-jari kemudian lepaskan agar madu dapat masuk ke pori-pori kulit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Telur
Telur mengandung lechitin dan emolient alami yang menghaluskan kulit dan mengurangi keriput. Putih telur kaya akan astringent yang berfungsi untuk mengempiskan bengkak mata, mengecilkan pori-pori. Sebanyak setengah sendok teh putih telur dioleskan pada kulit sekitar mata, namun jangan sampai terkena mata. Biarkan hingga kering (15 menit) kemudian dibilas dengan air hangat.


Wortel
Sayuran berwarna jingga ini baik digunakan sebagai masker wajah karena memiliki khasiat untuk melembabkan kulit wajah dan meremajakan kulit. Racikan maskernya yaitu dengan mencampurkan wortel dan bengkuang yang sudah dihaluskan dibubuhi air mawar, kemudian dioleskan pada kulit wajah dan didiamkan hingga kering. Bilas dengan air hangat.

0 comments: